Tuesday, December 2, 2014

korean food? wanna try?

beberapa tahun belakangan ini, Korea lagi booming banget nih.. ga hanya dari bidang musik aja, tapi fashion, wisata, dan makanannya lagi digemari di indonesia.
aku lagi mau bahas beberapa makanan korea yang patut kamu coba (meskipun aku baru coba beberapa makanan tapi bukan buatan asli Korea sih, hahaha)..
check this out:

1. Kimchi
makanan Korea yang satu ini merupakan side dish yang wajib ada di meja makan orang korea. "bukan orang korea jika makan tanpa kimchi" - salah satu dialog drama yang pernah aku nonton. bahkan ketika makan ubi manis, orang Korea menambahkan kimchi, katanya supaya rasanya lebih enak.
kimchi sendiri di buat dari fermentasi sayur-sayuran dan berbagai bumbu, biasanya sih rasanya asem pedes gitu (tapi sewaktu aku coba kimchi di salah satu mall di surabaya, rasa kimcinya asem doang, hahaha). sayuran yang biasanya dibuat kimchi sawi putih, lobak, atau timun. buat bumbunya biasanya orang korea pakai bubuk cabe, jahe, garam (sedikit banget), gula, bawang putih tumbuk, tiram dan pasta cumi. orang Korea ga pernah buat kimchi dalam jumlah sedikit alias banyak sehinga nanti bisa diletakkan di lemari es (katanya juga kimchi dingin itu enak lho)..
buat penyajiannya nih, kimchi dipotong potong (kimchi sawi putih) untuk disajikan sebagai side dish, tapi ada beberapa makanan olahan kimchi yang sepertinya enak, seperti kimchi stew (kimchi jjigae), pancake kimchi (kimchijeon), sup kimchi (kimchiguk), dan nasi goreng kimchi (kimchi bokeummbap)..
kimchi bokeummbap

 kimchi sawi putih

kimchi stew

 2. kimbab
makanan yang satu ini mirip banget sama sushi Jepang, tapi yang bedain sushi sama kimbab itu bentuk dan isian dalamnya. Kimbab ini populer banget di negara asalnya sebagai makanan yang wajib dibawa saat piknik selain nasi gulung karena makanan ini praktis (bisa 1x makan gegara dipotong potong). 
isian dalem kimbab bisa dibuat sesuai selera namun biasanya isian kimbab itu crab stick, timun, wortel, bayam, dan acar lobak. sebelum itu  nasinya dibumbui sama garam dan minyak wijen supaya lebih tasty.
1 gulung kimbab bisa jadi 6-8 potong lho.. kalo buatanku sih, nasinya juga aku bumbuin garam sama minyak wijen juga tapi isian dalemnya aja yang beda hohoho, aku lebih suka pake wortel, bayam, tumisan ayam sebagai ganti dari crab stick hahaha

3.Bibimbap
buat yang suka nonton drama korea ato variety show korea pasti udah tau dong?.
yup! bener banget, bibimbap itu nasi campurnya orang korea guys. makanan yang satu
ini terdiri dari nasi putih, gochujang (pasta cabe), sayuran, dan kuning telur mentah diatasnya.
bibimbaap sering disajikan dalam pot/ mangkok panas gitu, dan waktu mau makan
kita kudu ngaduk dulu gitu. 
kalo makanan yang satu ini, jujur sih aku belum pernah cobain. pengen banget buat 
bibimbab sendiri dirumah soalnya tiap nonton drama ato variety show korea yang 
makan bibimbap, pasti aku ngiler gitu (jorok banget yak aku, hahha)
tapi sayangnya nyari gochujang di kotaku itu sulit banget.
kalopun ada, pasti rasnya aneh atau harganya yang selangit hehehe..


4. Bulgogi
kalo yang ini pasti semua tau dong, yup yup! bulgogi itu makanan korea paling terkenal.
gimana ga terkenal gitu lho, makanan yag terbuat dari lembaran daging sapi 
dipanggang ini jadi makanan representatif korea. lembaran daging itu direndam dulu 
sama berbagai macem bumbu biar rasanya jadi enak dan tektur dagingnya jadi lembut.
nah buat makannya nih,biasanya si bulgogi ini dimakan dengan beberapa side dish 
kayak kimchi gitu. bahkan bulgogi dapat dimakan dengan membungkusnya dengan daun selada.
5. 

No comments:

Post a Comment